ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

TERPESONA DI ZONA QUANTUM ; TUHAN MELIBATKAN KITA MEWUJUDKAN REALITA – Bagian 4

Pada sesi ketiga giliran gelombang air dilewatkan pada papan dengan satu celah. Hasilnya ternyata sama dengan bola-bola ketika ditembakkan ke papan satu celah. Gelombang pada air tersebut akan melewati celah dan menabrak dinding dengan pola membentuk sebuah garis yang sejajar dengan celah. Perhatikan gambar berikut ini.

.

double slit experiment 5.

double slit experiment 6.

Pada sesi keempat gelombang air dilewatkan pada papan dengan dua celah. Di sinilah terjadi sesuatu yang berbeda. Gelombang pada air tersebut akan melewati dua celah dan menabrak dinding dengan pola membentuk banyak garis di dinding karena terjadi interferensi atau percampuran gelombang. Perhatikan gambar berikut ini.

.

double slit experiment 7

.

double slit experiment 8

.

Nah dari keempat sesi percobaan tersebut di atas kita bisa mengambil beberapa kesimpulan berikut ini :

  • Partikel (yang dalam hal ini diwakili oleh bola-bola) ketika melewati papan satu celah perilakunya akan membentuk pola satu garis di dinding.
  • Partikel (yang dalam hal ini diwakili oleh bola-bola) ketika melewati papan dua celah akan membentuk pola dua garis di dinding
  • Gelombang (yang dalam hal ini diwakili gelombang air) ketika melewati papan satu celah perilakunya akan membentuk pola satu garis di dinding
  • Gelombang (yang dalam hal ini diwakili gelombang air) ketika melewati papan dua celah akan membentuk banyak garis di dinding.

.

Sekarang mari kita lihat apa yang terjadi jika percobaan tersebut dilakukan pada “dunia quantum” dimana dalam hal ini yang diteliti adalah cahaya. Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya percobaan ini untuk mengetahui cahaya itu sebenarnya partikel ataukah gelombang?

 .

Pada saat cahaya ditembakkan ditembakkan pada papan satu celah yang terjadi adalah terbentuk pola satu garis pada dinding di belakang papan. Perhatikan gambar berikut ini.

.

double slit experiment 9

.

double slit experiment 10

.

Namun saat cahaya ditembakkan pada papan dengan dua celah, terjadi sesuatu hal yang sangat-sangat mengejutkan. Apa hal yang mengejutkan itu? Kita bahas pada bagian 5.

 .

Bersambung ke bagian 5 …

 .

Salam Quantum …

 .

ARIF RH

(The Happiness Consultant)

Updated: August 4, 2014 — 7:14 am

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme