ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

SEMBUH DARI PHOBIA ULAR

Perlu saya klarifikasi dari judul di atas bahwa bukan berarti saya tidak takut sama macan, singa dan buaya. Saya juga takut hewan-hewan itu. Nah hanya saja ketakutan saya terhadap ular ini bukan sebuah ketakutan yang wajar. Sebuah ketakutan yang lebih tepat disebut sebagai phobia. Why? Ketakutan diciptakan dalam diri kita sebagai mekanisme pertahanan diri. Bila ularnya berbahaya itu takut yang wajar. Lha ini ular enggak berbisa takut, ular mati takut dan parahnya mainan ular juga takut. Lebih lengkapnya bila sudah berhubungan dengan ular saya gilo, jijik, takut dan ngeri. Komplit mbok? He he. Dan tidak ada memori pengalaman emosional terkait dengan ular di masa lalu yang menyebabkan saya takut. So ini saya yakin bukan trauma, ini phobia ! Saya mulai tidak nyaman dengan ketakutan saya terhadap ular karena saat saya menyetir mobil pun jika saya melihat ada ular mati atau menyeberang di jalan raya saya refleks terkejut dan mengangkat kaki dari pedal kopling dan gas. Wah bahaya kan kalo pas lagi bawa mobil. So, ini harus sembuh !!

 .

Snake-phobia

.

Saya memang belajar hypnotherapy, NLP, NAC, Sedona Method dan semacamnya. Hanya saja ni dengan pendekatan self therapy saya belum menemukan hasil yang saya harapkan untuk kasus phobia ular ini. Dalam perjalanan mengatasi rasa takut itu saya sangat tertarik dengan Emotion Freedom Therapy (EFT). Sebuah teknik energy psychology sederhana yang saya lihat kok bisa juga untuk menangani phobia. Saya udah punya bukunya tapi saya praktekkan sendiri belum membawa hasil. Dan alhamdulillah ada sebuah acara workshop EFT di Yogyakarta yang dipandu oleh Mas Hendri Harjanto dan Mbak Tiwi. Saya mengikuti workshop tersebut dengan antusias dan ketika diberikan kesempatan sebagai sample diterapi saya mengajukan diri. Soalnya yang dicontohkan adalah phobia ular. Waktu itu mas Hendri membawa ular mainan karet dan saya gilo melihatnya. Saya pun diterapi di depan audience workshop tersebut dan SEMBUH !! Bahkan ular mainan itu sampai di kalungkan ke leher saya. Wah hebat. Dahsyaaat !!

 .

Dan sepulang dari workshop itu saya berhasil melakukan self therapy untuk memegang ular seungguhan. Yang pertama ular mano pohon dan terakhir ular sanca batik. Yang menarik saya tidak menggunakan teknik EFT itu secara penuh karena teknik ini melibatkan lebih dari 15 titik energi yang harus diketuk. Saya hanya mengambil prinsip utamanya saya yaitu IKHLAS dan PASRAH. Kuncinya JANGAN MELAWAN RASA TAKUT ITU. TERIMA DAN NIKMATI !!! Ketika saya hendak memegang ular sungguhan saya pegang ular itu lalu saya nikmati rasa takutnya sambil saya katakan SAYA IKHLAAAS, SAYA PASRAAAAH, SAYA IKHLAAAAS, SAYA PASRAAAH dan anehnya rasa takut itu pergi. Hilang. Saat memegang ular sanca yang terakhir saya enggak pake terapi segala. Ternyata hasilnya permanen. Lalu apa kesimpulannya friends? Untuk mengatasi phobia saya simpulkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Sebisa mungkin ada obyek yang ditakuti ada di depan kita sehingga rasa takut kita muncul seungguhan. Mungkin bisa dengan imajinasi tapi akan optimal hasilnya bila sungguhan ada obyeknya.
  2. Terima rasa takut itu. Nikmati. Ucapkan secara lisan saya ikhlaaaas saya pasraaah secara terus menerus. Ingat jangan melawan. Maksudnya hindarkan benak kita untuk membuang perasaan takut atau memaksakan memberanikan diri. Nikmati saja dan terima. Ikhlas dan pasrah. Nanti rasa takut itu akan pergi sendiri.
  3. Setelah kita bisa memegang sesuatu yang kita takuti (ni kalo kasusnya phobia ular) maka otak kita akan melakukan program ulang, ada new understanding bahwa ternyata yang terjadi tidak sebagaimana yang dibayangkan.

.

Langkah-langkah tersebut di atas bisa berlaku untuk kasus phobia apa saja. Akan tetapi bila tidak mampu mengatasi maka saya rekomendasikan teman-teman untuk mempelajari EFT secara utuh. Demikian teman-teman yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Salam bahagia :)

 .

 .

ARIF RH

The Happiness Consultant

Updated: August 4, 2014 — 12:44 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme