ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

SANG WAKTU ; ANTARA ADA DAN TIADA

Anda ngawur banget mas !!! Mungkin saja ada di antara anda yang bilang begitu setelah membaca judul di atas. Tapi wajar juga, karena secara umum bisa dikatakan hidup ini sangat identik dengan waktu. Nah, kali ini saya mengajak anda untuk lebih liar dalam merenung. Judul di atas adalah, Waktu ; Antara Ada dan Tiada. Tidak lazim? Ya. Bagi saya, waktu itu ada, sekaligus tiada. Nyata sekaligus tidak nyata. Mungkin terkesan pembahasan soal ini gak penting. Tapi luangkan waktu untuk merenungkannya. Karena pembahasan soal waktu akan banyak bersinggungan dengan hakikat kehidupan, bahkan rahasia alam semesta. Jika tidak benar-benar ada rahasia di baliknya, tidak mungkin TUHAN bersumpah atas nama waktu, DEMI MASA !! Oke kita gak akan banyak cing cong. Yuk kita mulai pembahasannya.

 .

Bagaimana kita mengukur waktu? Banyak cara. Bisa dengan melihat jam atau melihat kalender. Kalau tidak dengan dua hal itu ya kita bisa melihat tanda-tanda alam misalnya posisi bulan, bintang dan matahari. Nah selanjutnya, ketika kita berbicara soal waktu pasti akan menyangkut tiga hal yaitu sesuatu yang kita sebut sebagai MASA DEPAN (FUTURE), MASA LALU (PAST) dan SAAT INI (NOW / PRESENT). Darimana kita tahu ketiga hal itu? Ya dari alat-alat tadi atau tanda-tanda alam tadi. Jawaban anda begitu thoo? Nah sekarang kita agak liar sedikit keluar dari “kotak”. Bagaimana pendapat anda jika saya katakan bahwa kita tahu masa lalu, masa depan dan sekarang itu sebenarnya bukan karena alat-alat atau tanda-tanda alam tadi. Saya punya sebuah ide liar bahwa PENYEBAB kita bisa membedakan ini masa depan, ini masa lalu dan ini sekarang adalah INGATAN (MEMORI). Whatt ??!!! Ya, karena ingatan lah kita mengenal masa lalu, masa depan dan sekarang. Masih belum mudeng? Oke kita perdalam.

 .

Gini lho. Bukankah kita itu menyebut masa lalu, masa depan dan saat ini karena ADA PERBANDINGAN? Apa yang jadi perbandingan? INGATAN / MEMORI. Segala sesuatu yang berada dalam memori kita itu kita sebut MASA LALU alias PERNAH DIALAMI. Jadi dengan demikian, MASA DEPAN adalah segala sesuatu yang BELUM ada dalam MEMORI kita. Di antara konsep masa lalu dan masa depan itulah kita menyebutnya SEKARANG. Nah mari kita berandai-andai. Seandainya manusia TIDAK PUNYA KEMAMPUAN MENYIMPAN MEMORI apakah ada yang namanya masa lalu? Tidak ada bukan? Dan karena tidak ada yang di simpan di memori maka tidak ada juga masa depan. Iya tho? Karena TIDAK ADA PERBANDINGAN. Konsekuensi lainnya, jika TIDAK ADA MEMORI maka yang ada hanyalah SEKARANG !!!

.

waktu

.

Masih susah diterima ya? Gini loh saya jadikan di sini anda saja contohnya. Anda mungkin menyebut diri anda sekarang lebih gemuk, lebih tua, lebih tinggi kan karena anda MEMILIKI MEMORI tentang KEADAAN ANDA SEBELUMNYA? Lha kalo anda gak mengingat apapun gimana coba? Okeee misal anda mendokumentasikan dalam bentuk foto atau diburn pada media dvd. Lah kalo anda gak punya ingatan ya tetap saja anda bingung. Ini sih siapa ya yang ada di foto? Kok bisa ada dvd ini ya? Siapa yang mendokumentasikannya ya? Bahkan anda juga tidak tau SIAPA NAMA anda. Ketika anda tidak memiliki kemampuan mengingat segala sesuatu yang anda pelajari selalu HILANG TIDAK BERBEKAS. Sehingga kembali lagi ke penjelasan di atas. WAKTU ADALAH SOAL PERBANDINGAN !!

 .

So, sejatinya SEMUANYA TERJADI SEKARANG. YANG NYATA ADALAH SEKARANG. Masa lalu sudah berlalu, masa depan masih imajinasi, HIDUP itu SEJATINYA YA SEKARANG ini. DI SANA, ketika anda hampiri ya menjadi DI SINI. Yang anda sebut BESOK ya akan jadi SEKARANG. Dan yang anda sebut sekarang tidak akan pernah jadi masa lalu kalo anda gak punya ingatan. Sehingga tidak tepat sebenarnya ketika kita mengatakan bahwa waktu itu bergerak. Waktu tidak bergerak ! Karena secara fisika, segala sesuatu yang bergerak pasti memiliki kecepatan. Nah, apa ada satuan kecepatan untuk pergerakan waktu? TIDAK ADA. Yang ada, justru waktu selalu menjadi konsep yang mendefinisikan kecepatan pergerakan suatu benda dalam dimensi ruang (x, y, z). Itulah sebabnya waktu disebut diimensi ke empat (t). Ruang mendefinisikan dimana posisi sesuatu hal, dan waktu digunakan untuk mendefinisikan berapa lama (t) sesuatu itu dalam dimensi ruang (x, y, z).

 .

Sekarang mungkin anda bisa memahami, mengapa saya di awal berpendapat bahwa WAKTU itu ANTARA ADA DAN TIADA. Lalu apa manfaatnya untuk kehidupan? Lah kalo kita menyadari ini, kita bisa membebaskan diri dari luka-luka masa lalu dan kecemasan akan masa depan. KARENA HIDUP ITU adalah SAAT INI. Saat anda tidur lelap anda “terlepas dari waktu”. Anda tidak tahu jam berapa. Itulah sebabnya anda damai dalam tidur lelap anda. Hening. Lepas dari semua masalah. Nah mari kita aplikasikan itu dalam kehidupan sehari.hari. O iya ada satu lagi yang mau saya sampaikan. “Yang tidak bisa basah ya air, karena ia membasahi. Yang tidak bisa dibakar ya api, karena ialah yang membakar. So, apa yang TIDAK BISA LEKANG OLEH WAKTU? Ya, WAKTU itu sendiri. Sekian. Selamat mumet. Sampai jumpa di catatan selanjutnya.

 .

Tamat

 .

Salam Quantum

 .

ARIF RH

Updated: July 27, 2014 — 2:55 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme