ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

MENGHENTIKAN PIKIRAN : MUNGKINKAH? – Bagian 3 (Tamat)

Bagaimana memanfaatkan TUBUH FISIK sebagai sarana untuk mengakses ZONA SAAT INI? Yaitu dengan menyadarinya. Bukankah ketika kita melamun kita seolah tidak punya tubuh dalam arti tidak merasakan keberadaan tubuh kita? Bukankah saat sedang menunggu anda terasa tersiksa karena diri anda “tercabik jadi dua” yaitu badan anda di sini dan pikiran anda “di sana”? Bukankah ketika sedang dalam perjalanan anda tidak merasakan jauhnya perjalanan ketika anda asyik berbincang dengan teman sebelah anda? Ya anda sangat membutuhkan SAAT INI. Caranya ya ketika kita menyadari tubuh kita maka pikiran kita akan berada di sini, berada di tempat dimana tubuh berada. Kita bisa melakukannya setiap saat, kapan pun, dimanapun. Misalnya saat mandi sadari setiap guyuran air mengenai kulit anda. Saat minum kopi sadari setiap tetes kopi yang masuk ke mulut anda. Ketika berjalan sadari langkah kaki anda. Sangat sederhana. Setiap ada kesempatan untuk mengakses ZONA SAAT INI segera SADARI TUBUH ANDA. Makanya ada anekdot bila kita ingin tahu apakah kita sedang bermimpi apa tidak ya kita cubit saja tubuh kita.

 .

Selain merasakan keberadaan badan, sangat bagus pula jika anda menyadari setiap gerakan tubuh anda. Karena gerakan sangat efektif untuk menarik pikiran untuk berada di SAAT INI. Salah satu yang biasa saya lakukan adalah dengan melakukan tarian spontan dengan gerakan sangat pelan sambil saya menikmati setiap gerakan tubuh saya. Dalam tarian spontan ini saya aktifkan kecerdasan tubuh saya untuk bergerak sendiri mengikuti “energi alam” yang menggerakkan. Saya sih hanya, mengikuti alurnya saja dan hanya tinggal menyadarinya. Nah bila anda belum tahu caranya membuat badan anda bergerak sendiri ya gak masalah. Lakukan saja gerakan-gerakan menari dengan kesadaran penuh dan nikmati setiap moment. Saya sebut ini sebagai meditasi gerak. Membangun kesadaran penuh akan saat ini dengan gerakan. Nah khusus bagi anda yang muslim maka sholat adalah contoh meditasi gerak. Coba anda perhatikan. Saat posisi diam ada kecenderungannya pikiran bisa “menjadi liar” meskipun mulut membaca kalimat-kalimat bacaan ayat. Nah bukankah ketika tubuh kita bergerak kita langsung tersadar kembali bahwa SAAT INI SAYA SEDANG SHOLAT? So, sebenarnya sholat juga mengajarkan tentang meyadari SAAT INI. Kekuatan mengakses saat ini adalah kunci khusyu’ dalam sholat. Lha gimana mau khusyu’ bila pikiran anda ke PAST atau FUTURE, ke NANTi atau TADI? Mari kita renungkan ini.

 .

bernafas

.

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengakses saat ini adalah dengan MERASAKAN KELUAR DAN MASUKNYA NAPAS. Napas adalah aktifitas yang melibatkan gerak tubuh yang jarang sekali kita sadari. Bahkan boleh jadi sebelum anda membaca paragraph ini anda tidak menyadari napas anda. Napas sebagai salah satu inti hidup jarang kita sadari. Nah prakteknya? Bila pikiran anda meloncat-loncat langsung sadari setiap tarikan dan hembusan napas anda. Jangan diatur. Biarkan aliran napas itu berlangsung alamiah. Posisikan anda sebagai pengamat pasif atas napas anda. Hindarkan juga konsentrasi. Just relax and enjoy your breath. Menyatu dengan aliran napas akan membuat kita tidak perduli dengan satu detik yang berlalu tadi dan tidak perduli dengan satu detik ke depan nanti. Napas membuat kita selalu di PRESENT !

 .

Nah sampai di penghujung bagian ini mungkin ada sebuah pertanyaan di benak anda : “Apa hubungannya ZONA SAAT INI dengan spiritualitas?” SANGAT ERAT friends. Why? GOD ALWAYS HERE WITH US NOW ! Mengapa kita merasa Tuhan sangat jauh dari diri kita? Karena pikiran kita selalu berkelana ke FUTURE dan ke PAST. Saya beranikan membuat statement di sini bahwa “ANDA TIDAK AKAN MENEMUKAN TUHAN DI PAST DAN FUTURE”. TUHAN SELALU DI SINI, SEKARANG INI ! Ingat bahwa TUHAN BEBAS DARI WAKTU. Bila anda memiliki persepsi bahwa Tuhan hanya bisa di jumpai NANTI maka anda telah mengkotakkan Tuhan ke dalam ruang dan waktu. Ingat bahwa bagi DIA semua yang telah dan akan terjadi adalah berlangsung SEKARANG. Saya ulangi yang telah saya sampaikan di atas, RAHASIA KHUSYU’ DALAM BERIBADAH ADALAH MENYELAMI dan MENIKMATI SAAT INI. Ketika pikiran anda “berhenti” maka anda akan merasakan kedamaian karena pada hakikatnya anda “menjumpai Tuhan”. Semoga bermanfaat. Tamat

 .

ARIF RH

The Happiness Consultant

Updated: August 4, 2014 — 12:11 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme