ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

MENGHENTIKAN PIKIRAN : MUNGKINKAH? – Bagian 2

Jika kita terlalu sering membiarkan pikiran kita bergerak ke PAST maka kemungkinan kita kan terserang penyakit TRAUMA, DENDAM, RASA BERSALAH, PENYESALAN BERKEPANJANGAN, SULIT MEMAAFKAN, dan sejenisnya. Dan jika kita terlalu sering membiarkan pikiran kita bergerak ke FUTURE maka kemungkinan kita akan terserang penyakit CEMAS, TAKUT, TIDAK OPTIMIS, KHAWATIR dan sebagainya. Nah jika pikiran kita di PRESENT atau di SAAT INI dan DETIK INI kita bisa membebaskan diri dari penyakit-penyakit emosional itu. Kita bisa melihat semua pengalaman dengan LEBIH JERNIH. Dan dengan jernihnya kita memandang pengalaman itu memungkinkan kita untuk melakukan RE-LEARN, REFRAMING alias memaknai pengalaman kita dan imajinasi kita dengan lebih bijaksana.Di saat ini detik ini APA MASALAH ANDA? TIDAK ADA ! Semua masalah kita bersumber dari NANTI dan TADI. So, solusi untuk mengalami pencerahan dan membebaskan diri dari penderitaan adalah MEMBEBASKAN DIRI DARI KELIARAN PIKIRAN yaitu DI SAAT INI !

Jadi saya tegaskan kembali bahwa yang saya katakan pikiran bergerak itu adalah selalu bergerak ke PAST dan FUTURE. Ketika pikiran di PRESENT atau SAAT INI, DETIK INI. Maka keadaan itulah yang saya sebut pikiran kita berhenti. DI SAAT ini tidak ada polarisasi. TIDAK ADA NEGATIF DAN POSITIF. NETRAL. ZONA TIDAK BERMUATAN. Karena itulah sebagaimana saya singgung di atas dalam keadaan ini kita bisa menjadi lebih obyektif dan berpikir benar. Bisa mengamati keseluruhan pemikiran kita baik yang positif maupun yang negatif. Karena sesungguhnya pemikiran positif dan negatif itu sama-sama bermanfaat. Ingat friends, tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia. NEGATIVE THINKING + POSITIVE THINKING = RIGHT THINKING. Lalu bagaimana caranya agar pikiran kita selalu di SAAT INI dan di DETIK INI? Tunggu dulu itu kita bahas di bagian paling belakang. Lanjut duluuuu.

 .

past-present-future

.

Friends, note ini tidak melarang untuk berpikir VISIONER atau EVALUATIF. Bukan melarang untuk memikirkan ke masa lalu dan masa depan. So pedomannya begini :

.

Untuk ZONA FUTURE :

  1. Boleh berkunjung ke ZONA FUTURE tapi yang positif-positif saja. Misal membangun VISI

  2. TAPI jika memang diperlukan silahkan berkunjung ke ZONA FUTURE yang negatif. Misal untuk ANTISIPASI

.

Untuk ZONA PAST :

  1. Boleh berkunjung ke ZONA PAST tapi yang positif-positif saja. Misal memanggil memori kesuksesan di masa lalu.

  2. Jika memang diperlukan silahkan berkunjung ke ZONA PAST yang negatif. Misal untuk KONTEMPLASI, EVALUASI, MEMOHON AMPUN ATAS SEGALA DOSA di masa lalu.

.

Nah akan tetapi :

  1. Jika kunjungan pikiran ke  ZONA FUTURE yang positif malah mengarahkan kita pada rasa terlalu optimis dan melekat pada keinginan atau terlalu berharap, panjang angan-angan dan
  2. Jika kunjungan pikiran ke ZONA FUTURE yang negatif malah menjebak kita pada kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan, dan
  3. Jika kunjungan pikiran ke ZONA PAST yang positif malah mengarahkan kita pada arogansi / kesombongan, dan
  4. Jika kunjungan pikiran ke ZONA PAST yang negatif malah membuat kita depresi dan rasa bersalah yang berkepanjangan

.

MAKA SEGERALAH KELUAR DARI ZONA PAST DAN ZONA FUTURE ITU!! KARENA SEMUA BENTUK PEMIKIRAN YANG DIHASILKAN TIDAK LAGI MEMBERDAYAKAN KITA UNTUK MELAKUKAN YANG TERBAIK. Nah di sini lah fungsi present. ZERO STATE. Yaitu untuk menghentikan pergerakan pikiran jika ia sudah tidak lagi memberdayakan kita. Membebaskan diri dari masa lalu yang sudah lewat dan masa depan yang belum pasti terjadi. Mudah-mudahan maksud saya bisa dipahami. Sekarang kita mulai masuk ke BAGAIMANA CARANYA “MENGHENTIKAN PIKIRAN”.

 .

Gerbang untuk “mengunci” pikiran agar tidak liar bergerak kesana kemari adalah TUBUH FISIK. Whaaat?! Ya anda tidak salah baca, kuncinya di tubuh. Mengapa? Karena sifat alamiah tubuh berlawanan dengan pikiran. Kita flashback sejenak. Sifat alamiah pikiran adalah meloncat dan bergerak ke PAST dan FUTURE dan TIDAK MENYUKAI SAAT INI. Sedangkan sifat alamiah TUBUH FISIK adalah SELALU DI SAAT INI. Jadi jika kita “mencantolkan” atau “mengikat” pikiran kita pada TUBUH FISIK maka pikiran kita secara perlahan akan “berhenti bergerak” dan berada di saat ini. Bahasa singkatnya TUBUH FISIK ADALAH GERBANG KEKINIAN !

 .

Bersambung ke bagian 3

 .

 .

ARIF RH

The Happiness Consultant

Updated: August 4, 2014 — 12:12 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme