ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

CHANGE YOUR BELIEF, CHANGE YOUR LIFE – Bagian 5

Jalan keluarnya adalah jalan masuknya? Apa maksudnya? Hihihihi. Begini. Sudah kita bahas kan di bagian sebelumnya bahwa ada 5 hal yang membuat gerbang wilayah bawah sadar kita terbuka. Saat gerbang tersebut terbuka di situlah awal keyakinan terbentuk. Nah untuk membongkar keyakinan yang menghambat kita caranya ya menggunakan 5 hal itu juga. Buka lagi pintu gerbangnya baru kita lakukan pembenahan di wilayah bawah sadar itu. Oke supaya gampang saya copas lagi 5 hal yang saya uraikan sebelumnya.

 .

1.  Orang yang kita anggap hebat / Spesial

Orang yang kita anggap hebat / spesial bisa dengan mudah menanamkan keyakinan kepada kita, maka untuk membongkar keyakinan kita membutuhkan orang yang kita anggap hebat / spesial. Orang ini bisa orang lain atau diri anda sendiri. Jika orang itu adalah diri anda sendiri maka jadilah orang yang percaya diri. Cintai diri sendiri. Kadang ada orang yang kurang bisa menerima dirinya, akhirnya ya susah untuk membongkar keyakinan dirinya. Nah, berdasarkan pengamatan pribadi saya lebih mudah membongkar keyakinan orang lain daripada keyakinan diri sendiri. Bukan berarti membongkar keyakinan diri sendiri tidak bisa, selama ini dalam pengamatan lebih mudah membongkar keyakinan orang lain. Apalagi jika orang yang keyakinannya saya bongkar itu menganggap saya hebat atau spesial.

 .

Nah, jadi untuk beberapa hal saya juga membutuhkan orang lain dalam membongkar keyakinan saya ini. Setiap dari kita membutuhkan guru dan pembimbing. Di samping itu yang menghambat perubahan ketika kita sendiri yang melakukan pembongkaran keyakinan, ada kemelekatan di situ. Kemelekatan ini yang menghambat. Sederhananya, bukankah kadang anda merasa sangat gampang ngasih solusi ke orang lain daripada ngasih solusi persoalan diri sendiri khan? he he. Jadi kadang yang membuat orang sembuh setelah datang ke terapis itu tidak selalu karena terapisnya hebat. Tapi si klien menganggap si terapis ini hebat. Orang yang anda anggap hebat akan anda dengarkan nasehatnya. Jadi silahkan pilih, mau dilakukan sendiri atau butuh orang lain sebagai fasilitator.

.

255403main_Deconstruction_904

.

2.  Pengulangan / Repetisi

Ini sederhana. Jika sesuatu keyakinan terbentuk karena diulang-ulang maka untuk membongkar keyakinan ya juga bisa dengan mengulang-ulang sesuatu yang akan diposisikan sebagai keyakinan baru. Kalau dalam dunia pengembangan diri kita mengenal istilah affirmasi, yaitu kata-kata positif yang diulang-ulang dalam waktu tertentu. Misalnya kata-kata ini, “saya setiap hari semakin percaya diri”. Tujuannya ya memasukkan kata-kata itu jadi program keyakinan. Namun metode pengulangan ini hanya membuang waktu jika pintu gerbang wilayah bawah sadar anda masih tertutup rapat.Akhirnya pengulangan yang dilakukan itu akan ditolak.

.

Namun saya amati cara pengulangan ini justru akan menimbulkan efek keadaan alfa yang nanti kita bahas di point ke 5. Kalo anda wirid / dzikir misalnya. Lama-lama agak ngantuk kan? Nah, itu artinya pintu gerbang wilayah bawah sadar terbuka dan kata-kata yang diulang-ulang itu akan masuk. Makanya urutan ritual do’a adalah dzikir berulang-ulang dulu dan itu bikin agak ngantuk dikit (keadaan alfa) baru kemudian tahap selanjutnya kita berdo’a. Iya khan? Sehingga saat berdo’a, pikiran kita tidak kritis dan mensabotase do’a kita sendiri. Jadi kalo do’a kita ini gak manjur, bisa jadi yang keliru bukan do’a nya tapi kita kurang banyak dzikirnya. Sehingga pas do’a logika kritis kita masih kafir alias kakehan mikir alias kebanyakan pikiran.

 .

3.  Identifikasi Komunitas / Kelompok

Ini saya kira sudah terjelaskan sewaktu saya menguraikan tentang hal ini di awal. Kalau anda misalnya punya keyakinan yang menghambat bahwa anda gak bakat berbisnis, ya bergaullah dengan orang-orang bisnis dalam komunitas bisnis. Lama-lama ketularan kok, dengan catatan anda cukup lama intens dalam komunitas itu. Dan biasanya, kalo nimbrung dalam sebuah komunitas anda akan ketemu dengan banyak orang yang anda anggap hebat dan anda mengaguminya. Ini lebih mudah lagi untuk melakukan pembongkaran keyakinan. Putuskan saja anda mau gabung komunitas apa yang relevan dan kondusif untuk membongkar keyakinan yang menghambat anda.

 .

4.  Emosi yang intensif

Saat yang tepat untuk membongkar sebuah keyakinan adalah saat emosi anda intensif. Mengapa? Dengan adanya emosi ini anda bisa mengenali apakah ada keyakinan yang menghambat atau tidak. Kadang kita merasa gak ada keyakinan yang salah kan? Nah emosi ini gak bisa bohong. Kalau anda mau ngomong di depan umum lalu emosi anda gak karu-karuan itu pertanda ada kegaduhan di bawah sadar anda. Liat ular mainan dari karet takut. Mikirin pernikahan aja takut. Mau tampil di depan umum takut, dan sebagainya. Ini informasi bahwa ada yang menghambat anda. Sekali lagi saya ulangi, emosi negatif yang muncul adalah tanda adanya keyakinan yang menghambat anda. Jadi gak harus ditulis di kertas (tapi kalau ditulis juga gak apa-apa). Amati saja kapan emosi-emosi itu muncul dan dalam hal apa saja.

 .

Mengamati emosi yang intensif ini sebenarnya tahap awal yang harus kita lakukan untuk membongkar keyakinan. Ini adalah tahap identifikasi masalah yang mau kita bereskan. Dalam proses terapi ini juga dilakukan. Untuk membuang sebuah phobia misalnya, justru rasa takut itu dimunculkan dahulu baru direlease. Ini biasanya disebut sebagai revivication. Saya dulu ketika mengatasi phobia ular, saya melakukannya dengan memunculkan rasa takut itu terlebih dahulu. Caranya? Ya di depan saya ada ular sungguhan, rasa takut muncul alami dan apa adanya, nah saat itulah saya melakukan terapinya. Jadi ayo tunggu apa lagi. Identifikasi apa saja keyakinan-keyakinan yang menghambat anda.

 .

Bersambung ke bagian 6 …

 .

Salam Vibrasi !!

 .

ARIF RH

Updated: July 27, 2014 — 2:40 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme