ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

CHANGE YOUR BELIEF, CHANGE YOUR LIFE – Bagian 3

Mengapa warna baju 5 bulan lalu peserta tersebut tidak ingat sementara warna baju 10 tahun lalu saat ia menikah masih ingat sangat detail? Jawabannya adalah karena saat menikah ada emosi yang intensifsedangkan 5 bulan lalu tidak ada peristiwa yang diiringi emosi yang intenstif. Apa sih emosi yang intensif? Yaitu emosi “positif” atau “negatif” yang ada tambahan kata sangatterlalu alias ekstrim. Misalnya, sangat marah, sangat bahagia, sangat kecewa, sangat takut, sangat terkejut, sangat malu, sangat sedih, sangat cinta dan sebagainya. Nah saat menikah tentu ada emosi yang sangat di situ, sangat bahagia misalnya. Saat emosi kita intensif maka peristiwa tersebut akan melekat kuat di bawah wilayah sadar kita. Emosi yang intensif adalah lem perekat yang sangat kuat bagi memori. Ini juga yang membuat kita memahami mengapa guru di sekolah hanya mengingat siswa yang paling pintar dan siswa yang paling bandel, ada kata paling di situ alias ekstrim. Siswa yang biasa-biasa saja jarang yang diingat gurunya.

.

Saya pernah mengalami satu kejadian koplak yang bisa jadi contoh lagi. Waktu itu saya masih kuliah pas sedang rame-ramenya piala dunia. Lha beberapa jam sebelum pertandingan dimulai saya dan teman saya lapar, berangkatlah kami ke sebuah warung burjo. Di sana saya memesan mi rebus telor, teman saya hanya makan gorengan sambil merokok. Nah, di situ ada beberapa orang juga selain saya. Beberapa menit kemudian mi rebusnya sudah matang. Saya santap itu mi rebus nyam nyam nyam sluuurrrppp huahhhh. Sudah habis separo, saya sruput kuahnya dan saya tusukkan garpu ke gulungan mi yang ada di mangkok. Pas saya angkat, ancriit !!! ada kecoak (coro) yang tergeletak pasrah, ikhlas, berserah diri di situ dalam keadaan matang sempurna. Kamprettt !!! Seluruh badan saya gemetar menahan marah yang sangat. Selain itu ada rasa jijik yang luar biasa. Ya, emosi saya sangat intensif bukan? Hoi, baca ini pada ketawa ya, wooo kampret kampret ha ha ha gua menderita waktu itu tauk?!

 .

Nah, gara gara kejadian itu saya trauma makan mi rebus. Setiap liat mi rebus langsung ingat kecoa dengan sangat detail ada di mangkok. Akhirnya selera makan saya hilang. Cukup lama saya bisa kembali nyaman makan mi rebus. Dulu prosesnya pemulihannya berlangsung lama karena saya belum mengenal metode-metode terapi seperti sekarang. So, bisa kebayang gak kalo ada orang tua yang pas anaknya lagi nangis malah dibilang goblok kamu !!! Cengeng kamu !!! Kata-kata goblok dan cengeng ini akan masuk dan sangat kuat tertanam dalam diri si anak yang akan menghambat hidupnya.

 .

Dalam kasus lain misalnya ada sekelompok orang diputarkan film tentang kekejaman. Di situ ada adegan orang dibacok, disembelih, dianiaya dan sebagainya. Tentu saat melihat emosi yang menonton akan intensif. Pada saat itu dimasukkan kata-kata begini, “lihat apa yang dilakukan oleh orang-orang suku x atau agama x !!! Apakah anda diam saja sodara-sodara ketika sodara-sodara anda diperlakukan begitu !!!” Wah masuk dah itu jadi program kebencian yang sangat siap untuk membunuh. Ini ngerine poool !!!

 .

Contoh lainnya, misalnya anda pernah juara suatu perlombaan dan anda sangat-sangat bahagia waktu itu. Anda diberi piala, piagam, medali dan ribuan orang bertepuk tangan untuk anda. Emosi anda sangat intensif khan? Nah peristiwa itu pasti akan teringat jelas meskipun sudah tahunan bahkan puluhan tahun silam berlalu. Tapi ini bagus karena positif. Ini akan menciptakan rasa percaya diri misalnya. Kalau informasi yang masuk saat emosi intensif adalah informasi “sampah” ya sebaliknya akan menghambat hidup. So? Waspadalah dengan apapun yang masuk ke panca indera anda saat emosi anda intensif. Pastikan yang masuk adalah program-program positif yang memberdayakan.

.

belief

.

Kelima : Kondisi alfa

Siapa di antara anda yang pernah nonton acara hipnotis di televisi? Pasti pernah. Kok bisa ya ada orang dibuat lupa namanya, lupa angka enam? Apakah anda menganggap itu pake kekuatan jin? Setan? Kuasa kegelapan? Waduh, kasihan lah jin setan selalu disalahkan. Hipnotis itu (yang benar namanya adalah hipnosis, karena hipnotis adalah nama pelakunya) sederhananya adalah suatu pengetahuan bagaimana mengkondisikan otak manusia masuk ke kondisi alfa. Nah saat kondisi alfa maka wilayah bawah sadar manusa terbuka sehingga sugesti bisa masuk. Nah tapi jangan salah lho ya, tidak semua perintah si penghipnotis semau-maunya bisa menyuruh seseorang. Ini yang saya contohkan adalah hipnosis yang untuk panggung alias hiburan.

 .

Sebenarnya hipnosis ini sangat baik untuk terapi pikiran dan emosi, bahkan gangguan fisik, nama ilmunya adalah hypnotherapi. Namun di sini saya tidak membahas apa itu hypnosis dan hypnotherapy, saya tidak menspesifikkan diri saya ke bidang itu meskipun saya pernah belajar keduanya. Banyak teman saya yang lebih mumpuni di FB ini. Yang mau saya sampaikan adalah bahwa keadaan alfa ini setiap hari kita alami, hanya saja mungkin anda belum tahu saja bahwa itu keadaan alfa. Saat keadaan alfa, informasi akan menembus masuk ke wilayah bawah sadar anda.

 .

Bersambung ke bagian 4 …

 .

Salam Vibrasi !!

 .

ARIF RH

Updated: July 27, 2014 — 2:50 pm

Leave a Reply

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme