ARIF RH

Change Your Vibration, Change Your Life

BECOMING EXTRAORDINARY STUDENT

BECOMING EXTRAORDINARY STUDENT

“Menjadi Manusia Berkarakter Positif, Mampu Meraih Prestasi Di Atas Rata-rata”

 .

PENGANTAR

Sejak tahun 2007 kami sering diundang berulang kali ke berbagai sekolah di berbagai kabupaten / kota untuk memberikan pelatihan kepada para pelajar calon peserta ujian nasional. Mulai dari sekolah-sekolah favorit di pusat kota hingga sekolah-sekolah yang berada di daerah pedesaan. Bahkan beberapa sekolah yang menjadi klien kami ada yang persentase kelulusannya selama ini di bawah 50 %. Jika melihat track record kelulusan dan kualitas input siswa sangat mustahil untuk bisa mendongkrak prestasi secara drastis. Namun berkat kerjasama yang baik dan kontribusi sepenuh hati dari semua pihak akhirnya membuahkan hasil yang mengejutkan. Ujian nasional 100 % lulus. Jika semua pihak dengan sungguh-sungguh berupaya dan Tuhan ”campur tangan” maka tidak ada yang tidak mungkin terjadi.

 .

Sebenarnya hikmah di balik ujian nasional ada sebuah pembelajaran untuk membentuk karakter pelajar agar siap menghadapi ujian atau problematika dalam kehidupan nyata. Ujian nasional juga melatih pelajar untuk memiliki target dalam hidup dan bagaimana mencapainya dengan cara yang jujur. Namun kenyataannya ujian nasional masih menjadi sebuah moment yang menakutkan bagi kebanyakan siswa, orang tua dan mungkin juga pihak sekolah. Bagi siswa dan orang tua jika tidak lulus ujian nasional akan merasa sangat tertekan dan malu. Bagi sekolah secara tidak langsung tingkat kelulusan akan mempengaruhi penilaian dan persepsi masyarakat terhadap sekolah dan kemudian akan mempengaruhi animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut. Sehingga sangat wajar menjelang ujian nasional upaya apapun dilakukan oleh sekolah untuk mencapai angka 100% lulus ujian nasional, termasuk dengan menyelenggarakan Pelatihan Motivasi.

 .

 Best Awal

.

Memang itu bukan suatu hal yang keliru, sebab sebagaimana kami sampaikan di atas kami sering sekali diundang untuk memberikan pelatihan motivasi menjelang ujian nasional. Namun menurut hemat kami bukankah akan lebih baik jika itu dilakukan dilakukan jauh-jauh hari sebelum ujian nasional? Apalagi komponen kelulusan saat ini dihitung bukan hanya berdasarkan nilai ujian nasional tapi juga nilai ujian semester dan nilai-nilai yang lain. Jika pelatihan motivasi diberikan lebih awal maka dampaknya akan lebih terasa bukan pada hasil ujian nasional saja tetapi juga pada hasil ujian semester dan pada kehidupan sehari-hari di luar sekolah.

 .

Berkenaan dengan uraian di atas kami marancang sebuah konsep pelatihan untuk pelajar yang tidak hanya sekedar pelatihan motivasi. Kami merancang pelatihan berdesain workshop yang berbasis therapy dengan tema ”Becoming Extraordinary Student (BEST); Menjadi Manusia Berkarakter Positif, Mampu Meraih Prestasi Di Atas Rata-rata”. Titik tekan kami dalam workshop ini adalah soal pembangunan karakter, bukan hanya soal bagaimana mendapatkan nilai yang tinggi meskipun nilai yang tinggi itu penting. Mengapa? Karena orang tua manapun pasti akan kalang kabut kalau melihat anak-anaknya pandai, memiliki nilai baik tinggi tidak diikuti tingkah laku yang baik, dimana banyak anak yang hilang kendali seperti perkelahian antar teman / tawarun antar pelajar, tidak disiplin, tidak tanggung jawab dan ketidakjujuran sampai terjerumus dalam nakoba dan seks bebas.

 .

Semua ini seakan-akan menjadi ”ngetren” dikalangan pelajar terutama di kota-kota besar. Jika terus kita biarkan jadi apa bangsa dan negara ini? Kalau generasi muda kita rusak apa yang akan terjadi kalau suatu saat mereka menjadi pejabat yang mempimpin negeri ini? Sungguh menakutkan untuk dibayangkan. Membangun karakter pelajar dan generasi muda adalah tanggung jawab kita bersama. Bukan hanya tanggung jawab orang tua dan pihak sekolah saja. Kami berharap workshop yang kami rancang ini dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter positif yang seoptimal mungkin, amiin.

 .

MENGAPA SEBAIKNYA MENGGUNAKAN DESAIN WORKSHOP?

Dalam dunia pengembangan diri ada 3 desain kegiatan. Yang pertama adalah desain seminar. Dalam desain ini outcome-nya peserta hanya sekedar TAHU tentang materi yang diajarkan. Yang kedua adalah desain pelatihan. Dalam desain ini outcome-nya peserta tidak hanya sekedar tahu tapi juga PAHAM materi yang diajarkan. Yang ketiga adalah desain workshop. Dalam desain ini outcome-nya peserta tidak hanya sekedar tahu dan paham tapi juga MAMPU MEMPRAKTEKKAN materi yang diajarkan.

.
Seringkali kita melihat banyak seminar dan pelatihan diselenggarakan dengan biaya mahal, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Jika dibandingkan memang desain workshop waktunya lebih lama dibandingkan seminar dan pelatihan namun berdasarkan pengalaman dan fakta lapangan desain workshop paling efektif dalam membuat perubahan dan hasilnya lebih jangka panjang.

 .

MENGAPA PENDEKATANNYA BERBASIS THERAPY?

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi efektifitas seminar, pelatihan dan workshop. Ada dua faktor utama yang menyebabkan rendahnya efektifitas kegiatan seminar, pelatihan dan workshop. Yang pertama adalah kadang sang penyaji materi juga BUKAN SEORANG PELAKU. Misalnya sang penyaji mengajarkan bagaimana meraih nilai yang tinggi dalam studi, tapi nilai studi dia sendiri buruk. Saya kira akan sangat bijak jika sang penyaji materi sendiri mengajarkan apa yang sudah dia lakukan dalam kehidupannya sendiri. Walk the talk, lakukan dan buktikan kepada diri sendiri baru kemudian mengajari orang lain.

.
Yang kedua, persoalan vital lainnya adalah kadang sang penyaji BUKAN SEORANG THERAPIST. Ini persoalan vital. Karena itu berarti sang penyaji tidak atau bahkan kurang berpengalaman dalam menangani kasus-kasus di lapangan. Akibatnya konsep yang disampaikan menjadi tidak “membumi’ atau terlalu teoritis. Berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam membantu perubahan seseorang melalui therapy “one on one” akan sangat membantu dalam penyusunan konsep dan cara memberikan materi.

 .

APA SAJA MATERI DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH?

Materi dan manfaat workshop berbasis therapy dengan tema ”Becoming Extraordinary Student (BEST); Menjadi Manusia Berkarakter Positif, Mampu Meraih Prestasi Di Atas Rata-rata” adalah sebagai berikut :

Spoiler Inside SelectTampilkan

.
Semua materi tersebut akan disampaikan dengan bahasa yang sangat sederhana, simulasi dan praktek langsung sehingga lebih memberikan dampak dalam kehidupan nyata (tidak kebanyakan teori).

.

Hormat kami,

ARIF RH
Fasilitator Workshop

ARIF RH © 2014 | Design by Pandu Frontier Theme